" Karmamy Eva Dhikaras te; Ma Phalesu Kadacana; Ma Karmaphalahetur Bhur; Ma Te Sango 'Stvakarmani" "Jalankan saja kewajibanmu; Jangan mengharap hasil; Jangan biarkan pahala menjadi motif tindakanmu; Demikian pula jangan biarkan dirimu berdiam diri".

9 Okt 2011

LOMBA DHARMA WACANA DAN DHARMA WIDYA SE-JEMBRANA

Dalam rangka turut memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun Proklamasi RI ke-66 dan Hari Ulang Tahun Kota Negara yang ke-116, DPK Jembrana Peradah Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Mendoyo menyelenggarakan kegiatan Lomba Penjor Ritual, Lomba Dharma Wacana dan Lomba Dharma Widya untuk Tingkat SD, SMP dan SMA se Kabupaten Jembrana. Pembukaan pelaksanaan lomba dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 Agustus 2011 bertempat di Aula Desa Pergung Kecamatan Mendoyo.
Dalam kesempatan tersebut, Ketua Panitia Pelaksana Lomba I Gede Diatmika, SE, melaporkan bahwa Pelaksanaan lomba disambut antusias oleh Sekolah –sekolah se Jembrana sehingga terjadi penambahan jumlah peserta, dimana Dharma Wacana yang rencananya diikuti 5 orang Pendharma Wacana Putra Tk. SMP menjadi 11 orang dan 5 orang Pendharma Wacana Putra Tk. SMA menjadi 7 orang. Sedangkan Pendharma Wecana Tk. SMP Putri yang menurut rencana diikuti oleh 5 orang peserta menjadi 12 orang peserta sedangkan Pendharma Wacana SMA Putri yang semula direncanakan diikuti 5 orang peserta menjadi 7 orang peserta. Untuk antisipasi antusiasme peserta lomba maka panitia membagi tempat pelaksanaan lomba dharma wacana menjadi 2 yaitu untuk Tk SMP bertempat di Aula Kantor Desa Pergung sedangkan untuk Tk. SMA bertempat di Gedung Serbaguna Desa Adat Tegal Cangkring Kecamatan Mendoyo.
Lomba Dharma Widya yang sedianya diikuti oleh 5 regu Tk. SMP menjadi 13 regu sedangkan untuk tingkat SMA yang direncanakan diikuti 5 regu menjadi 7 regu mengambil tempat di Aula SDN 1 Pergung.
Lomba Penjor Tk. SD dan SMP dilaksanakan pada hari Selasa, 16 Agustus 2011 di Lapangan Widya Mandala Desa Pergung diikuti oleh 5 peserta tingkat SD dan 5 Peserta tingkat SMP.
Kegiatan lomba ini dibuka oleh Bupati Jembrana yang diwakili oleh Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan, SE, MM. Dalam kata sambutannya Bupati Jembrana memberikan apresiasi positif atas terselenggaranya lomba Dharma Wacana, Dharma Widya serta Lomba Penjor Ritual yang diselenggarakan oleh DPK Jembrana Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah Indonesia) dengan suatu harapan generasi muda Hindu yang masih duduk di bangku sekolah berkesempatan untuk lebih memperdalam pengetahuan dan pemahaman ajaran agama Hindu sehingga mampu berperan aktif pada setiap kegiatan pembangunan di Jembrana dan juga dari lomba ini diharapkan akan lahir calon-calon Pendharma Wacana dengan penampilan dan tutur bahasa yang menarik sehingga enak didengar dan dicerna oleh umat kita bahkan memungkinkan juga didengar dan dicerna oleh umat lain sebagaimana yang dimiliki umat lain.
Pada akhir pelaksanaan lomba ditetapkan bahwa untuk Dharma Wecana Tk. SMP Putra juara I I Made Aldhie Manik DM dari SMPN 1 Mendoyo, Juara II I Komang Fajar Wija K dari SMPN I Pekutatan dan IKade Angga Kukuk Stiawan dari SMPN 4 Negara.
Dharma Wacana Tk. SMP Putri, Juara I Ni Made Nuadi Yasinta dari SMPN I Mendoyo, Juara II Anggi Oka Pratiwi dari SMPN 4 Negara, Juara III Ni Putu Riana Pratiwi dari SMPN 4 Mendoyo.
Dharma Wacana TK. SMA Putra, Juara I I Putu Widya Candra Prawartana dari SMAN 2 Negara, Juara II I Putu Wawan Aditya dari SMAN 1 Mendoyo, Juara III I Komang Agus Suteja Putra dari SMAN 1 Pekutatan.
Lomba dharma Wacana SMA Putri Juara I Intan Pranita Putri dari SMAN 2 Negara, Juara II Nea Andreani dari SMAN 1 Mendoyo, Juara III Novia Susanti dari SMKN 3 Negara.
Lomba Dharma Widya Tk. SMP Juara I SMPN 1 Negara, Juara II SMPN 4 Negara, Juara III SMPN 3 Negara.
Lomba Dharma Widya Tk. SMA Juara I SMAN 1 Mendoyo, Juara II SMAN 2 Negara, Juara III SMAN 1 Negara.
Penyerahan hadiah lomba dilaksanakan pada saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi RI di Lapangan Widya Mandala Desa Pergung oleh Bapak Camat Mendoyo.

1 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

VIDIO PERADAH JEMBRANA