" Karmamy Eva Dhikaras te; Ma Phalesu Kadacana; Ma Karmaphalahetur Bhur; Ma Te Sango 'Stvakarmani" "Jalankan saja kewajibanmu; Jangan mengharap hasil; Jangan biarkan pahala menjadi motif tindakanmu; Demikian pula jangan biarkan dirimu berdiam diri".

17 Mei 2014

Sinergi DPK Jembrana dengan Siswa SMPN dan SMAN/SMKN Dalam Aksi G2000 (Gerakan Dua Ribu Rupiah) Untuk Korban Erupsi Gunung Kelud



Erupsi Gunung Kelud Kediri Jawa Timur yang terjadi beberapa bulan yang berlalu (13 Pebruari 2014)  telah mengakibatkan banyak korban baik secara fisik maupun non fisik dari masyarakat disekitar Gunung Kelud. Pemberitaan dampak  erupsi gunung kelud baik lewat media cetak maupun elektronik telah menyentuh hati masyarakat Indonesia baik perorangan maupun berkelompok. Seperti halnya Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (Peradah Indonesia , Dengan program  PRAGANA (Peradah Siaga Bencana) mencoba melakukan aksi kepedulian untuk korban erupsi Gunung Kelud bekerjasama dengan pengurus Peradah di daerah-daerah.

Bak gayung bersambut, pengurus Peradah dari tingkat Pusat sampai Daerah mencoba bersinergi untuk melakukan aksi agar dapat meringankan beban korban erupsi Gunung Kelud.  Terkait dengan itu,  DPK Jembrana Peradah Indonesia kembali mengulirkan aksi Gerakan 2000 Rupiah untuk kedua kalinya.
Sebagai informasi; Aksi Gerakan 2000 Rupiah pertama kali digagas tahun 2013 tepatnya saat Dharma Santih Hari Raya Nyepi dengan maksud untuk menumbuhkan kepedulian/empati sesama kepada anak-anak di tiga Panti Asuhan Hindu di Kabupaten Jembrana. Pada saat itu G 2000 yang hanya melibatkan siswa siswi SMPN dan SMAN/SMKN se-Kabupaten Jembrana berhasil menghimpun punia 15 Juta  Rupiah lebih dan sudah didistribusikan secara proporsional kepada anak-anak di 3 PA Hindu tersebut dalam bentuk paket sembako dan uang saku sebagai THR dihari Raya Galungan dan Kuningan waktu itu.
Pada Dharma Santih Hari Raya Nyepi Kabupaten Jembrana Tahun 2014, Pengurus DPK Jembrana mencoba kembali melakukan aksi solidaritas dengan program “G2000 untuk korban erupsi Gunung Kelud”.  Dengan segmen yang diperluas yaitu tidak hanya menyasar siswa-siswi SMPN dan SMAN/SMKN se-Kabupaten Jembrana, G2000 untuk korban erupsi Gunung Kelud juga menyasar para pegawai di lingkungan Pemkab Jembrana dan berhasil menghimpun dana hampir  21 Juta Rupiah.  Dan saat ini dana tersebut telah ditransfer kepada DPP Jawa Timur Peradah Indonesia untuk disalurkan kepada masyarakat korban erupsi lewat program Baksos (Bakti Sosial) di lokasi terdampak erupsi Gunung Kelud, yang rencananya dilaksanakan pada tanggal 18 Mei 2014.
 
Program kepedulian sosial dengan hanya menyisihkan uang saku sebesar 2000 Rupiah mendapat sambutan positif dari para Kepala Sekolah. “Dengan nilai mata uang yang boleh dikata terkecil (hanya 2000 rupiah) ketika dikumpulkan ternyata menjadi banyak dan sangat membantu meringankan beban orang-orang yang sedang terkena musibah seperti musibah Gunung Kelud. Kiranya G2000 dapat dilaksanakan secara berkesinambungan, harap Bapak Riantori Kepala SMPN 1 Negara yang sangat konsen mendukung aksi G2000 sejak digulirkan.   
Dengan nominal 2000 rupiah, G2000 sebenarnya semua orang bisa berpartisifasi tanpa kecuali, Tua-muda, besar-kecil , laki- perempuan dapat berpartisifasi dalam Aksi tersebut. Pepatah mengatakan berdikit-dikit lama-lama menjadi bukit. Seperti itulah  G2000 dirancang. Masalahnya cuma  2 yaitu pertama adalah  ada tidaknya orang yang mau mengkoordinirnya dan  yang kedua adalah pada kemauan ; mau tidaknya menyisihkan uang saku Cuma 2000 rupiah.  Hal ini sebenarnya dapat diadopsi  untuk menghimpun Dana Abadi Umat Hindu yang teknis pemungutannya dapat disisipkan pada urunan penyepen Hari Raya Nyepi yang biasanya dihimpun para Bendesa Pekraman di seluruh Bali untuk ritual pecaruan Hari Raya Nyepi. Pada kesempatan ini, Kami mengucapkan terima kasih  kepada semua orang yang telah berpartisifasi dan terima kasih pula kepada para kepala sekolah atas kerjasama dan dukungannya sehingga aksi G2000 dapat terlaksana sesuai rencana. Buat Saudara kami di DPP Jatim Peradah Indonesia : "kami titip dana aksi G2000 masyarakat Jembrana (khususnya dari Siswa-siswi SMAN/SMKN dan Pegawai di lingkup Pemkab Jembrana) kiranya dapat disalurkan kepada sesama yang terdampak erupsi G. Kelud yang sangat membutuhkannya. Mohon maaf kami dari DPK Jembrana tidak bisa ikut Aksi Bakti sosialnya  karena sedang persiapan menyongsong Hari Suci Galungan dan Kuningan,"demikian Komang Dhiyatmika Ketua DPK Jembrana dalam closing stetementnya Aksi G2000 untuk korban erupsi Gunung Kelud. (Humas DPK Jembrana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

VIDIO PERADAH JEMBRANA